Pilih Mana, Bikin Sim Pake Calo atau Bikin SIM Ngga Pake Calo?

March 1, 2009 at 6:02 pm 7 comments


Akhirnya saya bisa meluangkan curhat saya lagi. Kemarin2 saya curhat berjudul “Bikin Sim Ngga Bisa Pake Calo Lagi”. Hehe sekarang mungkin judulnya “Pilih Mana, Bikin Sim Pake Calo atau Bikin SIM Ngga Pake Calo?”… (hehehe sory kalau kepanjangan..😆 )

Kamis 19 February 2009 jam 12.30 siang saya ke kantor polisi lagi (Polresta Bogor) nanyain masalah yg hari rabu minggu lalu ttg bagaimana kelanjutannya untuk test SIM B1-P saya.

Di kantor polisi tsb, saya nyari Pak polisi tsb. berhubung lagi jam istirahat akhirnya saya disuruh nunggu gitu. Sekitar jam satuan baru deh ketemu sama Pak Polisinya, trus duduk di ruangan test tertulis, blum saya ngomong bagaimana kelanjutan tuk testnya, eh ngga taunya belum saya ngomong:

Pak Polisi : “Sekarang terserah Mas aja maunya gimana…”
Herman :

m083[Dalam hati langsung mikir: Lho kok gini, kenapa ngga minggu kemaren aja ya ngomong gitu. Padahal saya blum minta tuk dipercepat eh ngga taunya polisinya udah ngasih jalan… Hehehehe ternyata percuma aja ada aturan tersebut… :-P]

Trus saya ngomong:

m108“Ehm.. sebenarnya sih Pak, saya pribadi ngga masalah untuk di test lagi juga, cuma berhubung besok saya rencananya mau ke luar kota, ya saya minta dipercepat aja (heheheh alasan gitu :-P… )”

…@#$#@$#$#$#$…

Walhasil saya ngomong panjang lebar, akhirnya kelar dech untuk masalah lulusnya.. skr tinggal bikin surat pengantar untuk ke Polwil Bogor.
By the way anyway busway… berapa biayanya?, biaya percepatnya 100 ribu rupiah. (Itu tergantung polisinya ya… :-P)

*Kalau bikin SIM A, ngga perlu surat pengantar ke Polwil, tinggal langsung di foto. Nah berhubung saya bikin SIM B1, jadi harus bikin surat pengantar ke polwil dech…

**

[Akhirnya sekitar jam 2-an, selesai juga tuh Map saya di urusin.]
[Trus saya ke loket lantas untuk bikin surat pengantar]

Nah bikin surat pengantarnya kena biaya administrasi sebesar seikhlasnya …. (padahal ngga ada aturannya…) … hehehe disini saya ngasih ceban (10 rb) aja…😆

***

[Jumat 20 February 2009 saya ke kantor Polwil Bogor sehabis sholat jum’at, nyampe sekitar jam 1an.]

Bawa surat pengantar, trus nyerahin ke loketnya. Dikenai biaya 50 ribu rupiah (itu sudah ada aturannya loh… ;-))
Trus disuruh bikin surat kesehatan, kebetulan di dekat kantor Polwil tsb ada klinik umum.

Pas di klinik saya di bikin bengong gitu, kenapa? hehehe dokternya masih muda2… heheheh cakep2 sih… jadi salah tingkah juga saya… m055 … umurnya berkisar 26-30 tahunan… (heheheh biasaya kalau saya ke dokter/klinik, dokternya rata2 sudah ibu2 … 35th ke atas… :-D)

Pas di tensy:

Dokter: “Lho kok tekanan darahnya tinggi??”
Herman: Dalam hati: Waduh ketauan dech deg2an saya…😛. Ehm alasan aja:

“Mungkin pengaruh jalan kaki, Dok dan gerah juga…”…😆

…#$@#$@#…Heheheh ga usah dilanjut ya…😛 …..

******

….Biaya klinik sebesar 15 ribu.

m043…Trus balik lagi ke Polwil.

Di Polwil, dikasih berkas sertifikat gitu, trus di suruh ke ruang psikologi untuk test psikologi dan foto sertifikat… (wah apa lagi negh.. ribet bikin SIM B1-P)

Di ruang psikologi, sekitar jam 2an, disuruh bayar asuransi sebesar 15 ribu, trus ke bagian psikologi:

Petugas: Gini Mas, berhubung udah jam 2an, jadi kita percepat aja yach, lagipula testnya lama loh, sekitar 2jam, kan nanti Mas BT jadi biayanya 50ribuan…

Heheheh jelaslah saya bingung + kesel “duit lagi.. duit lagi…”….. Hehhhe pinter juga tuh petugas, yach yg penting cepet dech..😆

Trus setelah selesai di bagian psikologi, ke bagian foto sertifikat. dikenakan biaya 20 ribu….

[Heheheh capek dech, dalam 1 ruangan duit saya ludes Rp. 85.000 dalam waktu kurang dari 5 menit… :-(]

Trus balik lagi ke loket awal. Disini saya di test nyetir make mesin gitu. (huhahhaha sudah ngejelasin mesin nya kayak gimana, yg pasti pengen ketawa, trus saya komplain aja ke petugasnya ttg mesinnya, “Ngga sesuai kenyataan di jalan negh… :-P”)

[akhirnya beres juga urusan saya di Polwil. mau balik hujan gede, bawa motor pula… yach gpp, bikers…😆 ]

******

Senin tgl 23 February 2009, di foto SIM, beres ngga keluar duit sama sekali, cuma ngantrinya lamhay alias lama…😛

*******

Kesimpulan:

Saya pribadi bikin SIM dari awal test, sesuai prosedur, tapi nyatanya di persulit, masih mending cuma satu minggu disuruh balik lagi, kalau lebih wah BT dech…. Trus di Polwil, banyak banget prosedurnya, nyatanya tetep aja keluar duit lagi… CAPEK DECH…

So, saran saya sih, daripada repot, pake calo aja sekalian, terima beres, sehari jadi…😆 …. (heheh bukan saran yg ngga2 ya)
Tapi kalau anda ingin mengetahui sesuai prosedur, yah silahkan… Kan tarnya jadi tahu..😉



» Kembali Ke Halaman Depan

Bookmark and Share

Entry filed under: Untaian Hati. Tags: , , .

Komentar Bersarang [ Comments Threading ], Pada WordPress Wakil Indonesia Akan Bertemu Hiddink

7 Comments Add your own

  • 1. M Shodiq Mustika  |  March 2, 2009 at 3:35 pm

    Kalau memang darurat ya nggak pa pa. Tapi kalo nggak darurat, maka menurutku, pemanfaatan “calo internal” itu sudah tergolong membudayakan korupsi.

    Reply
    • 2. Herman S.Y  |  March 2, 2009 at 6:40 pm

      @Mas M Shodiq Mustika
      Hehehe ehm… banyak jg sih Mas kriteria atau alasan orang bikin SIM make calo baik secara darurat/ngga:
      1. Ada yg ingin cepat2 selesai coz banyak urusan yg lain.
      2. Ada yg males ke kantor polisi tapi kepaksa bikin SIM.
      3. Ada yg takut sama polisinya jadi ngga mau di kantor polisi lama2 (heheh padahal polisinya ngga nge-gigit loh… :-P).
      4. Ada yg males dengan testnya.
      5. Ngga mau pusing yg penting terima beres.
      6. Ada yg males ikut prosedur coz suka di persulit/apa lah.
      7. Dan lain2…😆

      Jadi kebanyakan (mungkin secara presentasi sekitar kira2 75%), masyarakat udah pada suudzon ke polisi sebelum dateng ke kantor polisi.😛 Hehehe padahal mereka baik2 semua kok, cuma ada beberapa aja yg butuh fulus sampingan gitu…😛

      Reply
  • 3. WANDI rozaq  |  March 2, 2009 at 11:02 pm

    Kayaknya aku milih bikin Calo nggak Pake SIM deh mas, (terbalik yach)😀

    Reply
    • 4. Herman S.Y  |  March 2, 2009 at 11:19 pm

      @Mas Wandi
      Huhahahaha sepintas saya bacanya “Bikin sim ngga pake calo..”, eh ngga taunya kebalik… bisa aja Pak Guru…😛

      Reply
  • 5. ipunk  |  April 4, 2009 at 8:22 pm

    Wah.. Mas Herman bikinnya di Polresta Kedung Halang ya… Aku bikin SIM A 3 x ga lulus nih teorinya, nunggu aba-aba bisa ga diajak “kerjasama” caranya gimana siy? Soalnya menurutku percuma aja belajar 400 soal…. tetep aja dikibulin..

    Reply
    • 6. Herman S.Y  |  April 5, 2009 at 8:46 pm

      @ipunk
      Hehehe bikinnya memang di Polresta Kedung Halang, tetapi untuk prosedur pembuatan SIM B1-P harus ke Polwil dulu…
      Haha ga lulus teorinya 3 kali…??? masa sih? whoaaa belajar 400 soal? soal apaan tuh?😛
      Sebenernya sih, kalau beruntung pas test, ada beberapa soal yg masih terdapat bekas jawabannya, jadi sebelum diisi, pilih dulu jaawabannya baru bandingkan dengan jawabannya… [hehehe itu kalau beruntung ya]
      Tapi kalau kertas soalnya baru, hmm harus belajar dulu dech atau minimal punya pengalaman berkendara.😆
      Contoh:

      memahami kendaraan mana yg terlebih dahulu yg harus diperhatikan
      Untuk yg ini, coba dech di perhatikan kalau di setiap perempatan dan pertigaan (perhatikan juga dimana letak UTARA).

      rambu2 lalu lintas juga dipahami
      hehe masih banyak juga sih yg lain

      By the way, anyway busway… tinggal di bogor bukan Mas Ipunk…???😆

      Reply
  • 7. anas  |  December 15, 2010 at 8:50 am

    Ternyata bikin sim itu repot + melelahkan jga yah. Saya hendak membuat sim tpi lg bca2 dlu pngalaman kawan2..

    Thanks kang dah sharing🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Assalammu’alaikum…

"Raihlah ilmu yg bermanfaat walaupun hanya 1 kalimat..."

benderaindonesia

Sponsor

Toko Spare Part Mercedes Benz (Mercy) Murah

Toko Spare Part Mercy Murah (Bus & Truk) - Bogor - UD. Utari Jaya
 

Tukang Taman Murah & Profesional

tukang taman murah-jasa tukang taman-kolam-gazebo jakarta,bogor,depok,tangerang,bekasi Tukang Taman Bogor - Twitter
Peta

chat me on Y!M

WebLogz Stats

  • 181,652 visitors

Jejak Pengunjung

IP

WebLogz Traffic

free counters

Teng-Qyu

Makasih banyak ya dah mampir ke blog-ku, Mudah-mudahan ga bosen ya... (^o^) ...

friendly-blogger-award-2009
Thanx to Mas Won Bin
["Wong Bingungan"]



© Dec 2008-2016
Herman S.Y Indonesia

Jng Lupa Commentnya ya... biggreen

%d bloggers like this: