Komentar Bersarang [ Comments Threading ], Pada WordPress

February 23, 2009 at 1:50 am 29 comments


Comments threading / komentar bertingkat / komentar bersarang pada wordpress…

thread_commentsWordPress sekarang sudah memperbaharui tampilan komentarnya. Pertama sih saya sempat bingung, apa yg dirubah sih. Ehm coba2 saya ngecek, ternyata mantabz banget buat membedakan tampilan antara komentar pengunjung dan komentar si empunya blog…😆 (hehehhe sama sih kaya di multiply).

Dulunya tampilan komentar saya seperti ini:

comment_1

Setiap ada komentar yg masuk, saya membalasnya (reply) di komentar tsb, jadi bukan membuat tampilan komentar balasan baru.

Pas sekarang WP ngerubah tampilan komentarnya (comments threading), skr jadi begini :

comment_2

Tampilan komentar WP terbaru, komentar bercabang2/bertingkat. (Sama seperti di multiply)

Cara menset-nya sangat lah mudah:

  • Dashboard – Settings – Discussion
    (Jika menggunakan interface language bahasa inggris)

comment_set_en

  • Dasbor – Pengaturan – Diskusi
    (Jika menggunakan interface language bahasa indonesia)

comment_set_id

Untuk penjelasannya, cek aja di sini :

Sebenarnya sih bagi saya masih ada yang kurang, yaitu jika ada suatu komentar, otomatis pasti si pemilik blog akan membalas komentar tersebut, nah komentar si pemilik blog disini pasti tetap akan terhitung di setiap postingan2. Jadi terkesan postingan tersebut kebanjiran komentar… (Hehehehe kalau komentarnya memang banyaknya dari pengunjung lain sih ngga masalah.. :-P). Tapi tetap kan si pemilik blog harus membalas komentar, kalau ngga tar dikira sombong..😆

Bagaimana menurut anda ???…


» Kembali Ke Halaman Depan

Bookmark and Share

Entry filed under: Ilmu Komputer, Internet, Wordpress. Tags: , , , , , , , , , .

Email Filtering Menggunakan Gmail Account Pilih Mana, Bikin Sim Pake Calo atau Bikin SIM Ngga Pake Calo?

29 Comments Add your own

  • 1. M Shodiq Mustika  |  February 23, 2009 at 8:01 pm

    Sepertinya tidak semua theme di WP ini sepenuhnya mendukung fasilitas tersebut. Contohnya, aku pakai theme Fadtastic, tampilannya masih serupa. Perbedaannya sedikit sekali, cuma beda letak komentar (langsung di bawah komentar yang ditanggapi). Apakah aku perlu ganti theme?

    Reply
    • 2. Herman S.Y  |  February 24, 2009 at 1:52 am

      @Mas M Shodiq Mustika
      Ehm… sulit juga negh menganalisanya…😆

      Sepertinya tidak semua theme di WP ini sepenuhnya mendukung fasilitas tersebut. Contohnya, aku pakai theme Fadtastic…

      Analisa pertama:
      Berhubung domain saya masih gratisan, sempat saya berfikiran “Apa yg premium ngga bisa ya? – ah ngga mungkin..” Trus saya iseng2 ngecek aja blog2 para sesepuh WP, seperti Mba Heather, Mas Donncha O Caoimh. Mereka menggunakan domain .com, trus saya ngecek komentar2nya:
      *Mba Heather –> ngga make komentar bersarang.
      *Mas Donncha O Caoimh –> pake komentar bersarang.

      Trus iseng2 saya ngecek lagi, blog dari Mas kerzt (Mas udah pernah mampir ke situ kok), dia juga make komentar bersarang.

      Berarti ngga ada pengaruh thd domain premium.

      Analisa kedua:
      Sekarang ttg themes Mas, yaitu Fadtastic.
      Ehm… kalau menurut saya, themes tidak ada pengaruh sama sekali thd fasilitas komentar bersarang, krn themes itu hanya sekumpulan bagian2 (CSS) dari tampilan web/blog-nya itu sendiri.😀

      Mas aktifin aja di settingannya, nanti saya coba lihat bagaimana hasilnya (perbedaannya) di blog Mas.

      Perbedaannya sedikit sekali, cuma beda letak komentar (langsung di bawah komentar yang ditanggapi)

      Dan mungkin saya akan coba test dulu (CSS-nya), saya punya kok themesnya, tar saya edit dulu di komputer saya, siapa tahu di CSS-nya ada perbedaan…😆 [nanti saya kasih kabar lagi], ehm atau Mas punya tim IT Web Design…???

      Jadi Mas ngga perlu ganti themes, nanti temanya malah berubah (nanti fansnya kecewa), terkecuali ada pengganti themes baru yg sesuai dengan tema yg mas pake…😆

      Hehehe lagipula kalau memang penggunaan komentar bersarang ini ngga berfungsi di tampilan Mas, ya pake cara seperti biasa aja…😛 […peace…]😀

      Reply
      • 3. M Shodiq Mustika  |  February 24, 2009 at 2:24 am

        Aku gak punya tim design. Dulu pernah sewa jasa desainer profesional, tapi hasilnya kurang memuaskan. Aku malah lebih mantap dengan otak-atikku sendiri (meski menyita waktu banyak, krn aku amatiran…)

        Setelah tengok blog2 orang lain, kayaknya aku jadi iri. Komentar bersarang ini terasa cocok banget buat diskusi. Bisa lebih ramai.

        Reply
        • 4. Herman S.Y  |  February 24, 2009 at 2:31 am

          @Mas M Shodiq Mustika
          Begitu ya… terlihat sih, meskipun ehm.. “amatiran (hehehe bkn meledek loh😛 … peace…)” tetapi bagi saya simple dan sesuai dengan tema dari blog Mas…😉

          Ok Insya Allah saya test CSS-nya, sapa tau ada perubahan…. nanti di kasih kabar lagi ya mas…😀

          Reply
  • 5. Mufti AM  |  February 23, 2009 at 8:47 pm

    Menurut saya sih lebih komunikatif tampilan yang lama sehingga jumlah pengunjung yang komen lebih mudah terbaca. Sekilas kelihatannya posting kebanjiran komen, tak tahunya yang separuh komen kita sendiri. Kecuali komen pemilik blog tak berpengaruh pada jumlah komentar, mungkin saya akan menggunakan tampilan yang baru ini. Salam kenal Mas…

    Reply
    • 6. Herman S.Y  |  February 24, 2009 at 2:04 am

      @Mas Mufti
      Saya juga setuju dengan Mas Mufti, penggunaan komentar yg lama memang lebih mudah terbaca. Tetapi untuk tampilan terbaru juga memudahkan dan membedakan untuk siapa komentar itu ditujukan. Dan yg bikin saya ngga suka yaitu komentar saya pribadi (yg punya blog) malah ikut kehitung….😛

      Padahal saya sudah mengajukan ke SESEPUH WP, supaya komentar si empunya blog jangan ikut kehitung. Tau dech ntar ke depannya…😆
      Heheheh jadi saya pribadi make tampilan yg baru aja ah, biarin dech komentar saya juga ikut kehitung…😛

      Salam kenal juga Mas Mufti, thanx udah mampir, saya sudah mampir sih tapi blum ngasih komentar, lagi sibuk ngejawab pertanyaan negh…😆 … Insya Allah nanti saya mampir lagi… [kalau lupa tolong diingetin ya… maklum sering lupa… ;-)]

      Reply
  • 7. madhysta  |  February 28, 2009 at 10:21 am

    iya bos… cantik itu…. tapi kalau bos pake wordpress yang beneran akan lebih cantik lagi…. pake WP Threadcomment tambah lagi dengan Commentluv….
    makasih udah sudi mampir ke rumahku bos….😀

    Reply
    • 8. Herman S.Y  |  February 28, 2009 at 10:22 am

      @madhysta

      Memang cantikan tampilan yg terbaru, tapi masih kehitung euy untuk komentar saya sendiri… (heheh jadi terkesan rame deh postingannya).
      Wordpress beneran? wah mksd’a WP yg premium ya? heheheh dananya blum ada.
      “Commentluv”??? wah pernah liat sih, cuma blum mempelajarinya… maklum kalau di WP gratisan fitur2nya terbatas…😆

      Oiya.. sama2… makasih jg dah mampir…😀

      Reply
  • 9. madhysta  |  February 28, 2009 at 10:23 am

    satu lagi bos… kayaknya akan lebih familier kalau moderationnya di non aktifkan…

    Reply
    • 10. Herman S.Y  |  February 28, 2009 at 10:30 am

      @madhysta

      Wah saya malah bingung, moderasi apanya negh??? (maklum bodohnya diriku…)

      Reply
      • 11. madhysta  |  February 28, 2009 at 8:09 pm

        di Setting>>>Discussion…..

        E-mail me whenever
        E-mail me whenever Anyone posts a comment
        A comment is held for moderation

        Checkboxnya dikosongi aja… jangan di centang… ntar komentar jadi langsung diterima, tanpa menunggu moderasi atau approve dari author/admin
        kayak gitu lo bos,,… seingat saya…

        Reply
        • 12. Herman S.Y  |  February 28, 2009 at 11:18 pm

          @madhysta
          Ohh moderation yg ntu ya… hehehe ampe lupa…
          Ehm.. kalau yg “E-mail me whenever Anyone posts a comment”, kayaknya di cheklist aja dech, buat ngasih tau saya kalau ada komentar masuk…
          Nah sbnrnya sih sisanya bisa aja ngga di cheklist, maklum blum paham benar sistem keamanan dari WP gratisan.. tapi boleh dech… Thanx ya…😆

          Reply
  • 13. bocahbancar  |  March 1, 2009 at 7:53 am

    Owh belum tahu saya..

    Dicoba dulu ah..

    Makasih infonya…

    Reply
    • 14. Herman S.Y  |  March 1, 2009 at 11:56 am

      @bocahbancar
      Sama2 Mas…😀, sukses ya…

      Reply
  • 15. putrinegriangan  |  March 1, 2009 at 11:00 pm

    iya mas.. sama kaya di Multiply.. jadi inget rumah lama yang sudah ditinggalkan dulu.. tp comment threading ini pake tema saya jadinya bagus lho.. *promosi*

    Reply
    • 16. Herman S.Y  |  March 2, 2009 at 11:13 am

      @Putri
      Hehehehe promosi ni yee….😛. Tapi di temanya Putri, komentar bersarang ini ngga diaktifin? Ehm masih selera dengan cara ngebales komentar yg lama ya…??? :-P….

      Reply
  • 17. rhakateza  |  March 5, 2009 at 3:22 pm

    thanks atas tips nya. kalau WP yg hosting sendiri, bukan tergantung themes yang dia pakai tetapi tergantung apakan blogger menginstal plugin untuk itu. soalanya WP yang terbaru saja belum ada opsi komentar terbaru nya secara default. jadi pengaturan komentar bersarang belum ada pada setting – disscussion dan harus diaktifkan via plugin dan sepertinya unruk release update WP versi 7 kedepan sudah akan menyertakan komentar bersarang sebagai fasilitas default wordpress.

    Reply
    • 18. Herman S.Y  |  March 5, 2009 at 5:36 pm

      @rhakateza
      Yup sama2.
      Memang wordpress hosting sendiri (wordpress.org) tergantung dari plugins-nya… Yup mudah2an versi 7-nya udah menyertakan komentar bersarang…😆

      Thanx ya tambahannya….😉

      Reply
  • 19. M Shodiq Mustika  |  March 7, 2009 at 1:48 pm

    Yang lebih menarik lagi adalah bila tampilan untuk komentar dari author/admin berbeda dengan komentar dari pengunjung. Namun, fasilitas ini tersedia hanya pada theme tertentu, seperti pada Greenery, Vigilance, ….

    Reply
    • 20. Herman S.Y  |  March 8, 2009 at 1:47 am

      @Mas M Shodiq Mustika
      Hehe pertamanya sempat ngga connect negh ngartiinya..😛
      Hehe memang benar, “lebih menarik lagi adalah bila tampilan untuk komentar dari author/admin berbeda dengan komentar dari pengunjung“.
      Maksudnya kalau tampilan belakang atau warna tampilan belakangnya berbeda antara komentar author dan pengunjung. Misalnya liat aja dech komentar balasan saya menggunakan themes ini, hanya bergeser ke kanan tetapi warna latar belakangnya masih “Putih”.😆

      Fasilitasnya memang tersedia di themes2 tertentu euy…, tetapi bisa di ubah loh CSS-nya…😉
      Hehe kalau WP gratisan ngga janji dech…., tetapi jalau CSS-nya udah di upgrade baru bisa di ubah atau bila menggunakan domain [dot]com juga bisa di ubah CSS-nya…😆

      Reply
  • 21. M Shodiq Mustika  |  March 7, 2009 at 1:53 pm

    Wah, kalau pakai alamat shodiq.com, tampaknya komentarku masuk spam. Padahal tadi ketika pakai alamat muhshodiq.wordpress.com, komentarku bisa langsung nongol.

    Reply
    • 22. Herman S.Y  |  March 8, 2009 at 1:56 am

      @Mas M Shodiq Mustika
      Udah saya jelasin ya di komentar Mas… [kebetulan masuk ke SPAM], hehe maklum isinya mengandung lebih dari 2 link…😛

      Reply
  • 23. SYAIFUL  |  March 8, 2009 at 6:38 am

    Kunjungan perdana nih di blognya. kasih komentarya untuk blog kita. blog mu sudah bagus. kunjung balik ya

    Reply
    • 24. Herman S.Y  |  March 8, 2009 at 6:02 pm

      @SYAIFUL
      Makasih ya Pak Syaiful, Insya Allah Pak saya berkunjung ke blognya…😀

      Reply
  • 25. trinil  |  March 11, 2009 at 6:40 am

    Txz…
    Bang Herman…
    Saran anda dah q coba..
    Semangat dalam berbagi Ilmu…😀

    Reply
    • 26. Herman S.Y  |  March 11, 2009 at 2:39 pm

      @trinil
      Sama-sama…😉 senang berbagi , tetap semangat juga…😆

      Reply
  • 27. arcys  |  September 8, 2009 at 10:05 am

    makasih atas infonya kakak..

    uda saya coba ganti, tpi kayanya settingan di WP yang sekarang udah default nested ya?

    saLam,

    Reply
    • 28. Herman S.Y  |  September 12, 2009 at 10:33 pm

      @arcys

      Sama2. default nested? bukannya memang nested ya??? hehhehe udah lama ga ngecek2 lagi sih… :-p

      Reply
  • 29. ajikinai  |  December 13, 2009 at 4:45 pm

    thanks bang herman infonya…😉

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Assalammu’alaikum…

"Raihlah ilmu yg bermanfaat walaupun hanya 1 kalimat..."

benderaindonesia

Sponsor

Toko Spare Part Mercedes Benz (Mercy) Murah

Toko Spare Part Mercy Murah (Bus & Truk) - Bogor - UD. Utari Jaya
 

Tukang Taman Murah & Profesional

tukang taman murah-jasa tukang taman-kolam-gazebo jakarta,bogor,depok,tangerang,bekasi Tukang Taman Bogor - Twitter
Peta

chat me on Y!M

WebLogz Stats

  • 181,652 visitors

Jejak Pengunjung

IP

WebLogz Traffic

free counters

Teng-Qyu

Makasih banyak ya dah mampir ke blog-ku, Mudah-mudahan ga bosen ya... (^o^) ...

friendly-blogger-award-2009
Thanx to Mas Won Bin
["Wong Bingungan"]



© Dec 2008-2016
Herman S.Y Indonesia

Jng Lupa Commentnya ya... biggreen

