Sekarang Bikin SIM Ga Bisa Pake Calo Lagi…

February 13, 2009 at 2:06 pm 13 comments


Sebenarnya sih pengen curhatnya nanti2 aja, tapi hari ini adalah hari yg benar2 membosankan, dikarenakan SIM A saya masa berlakunya sudah habis. Jadi kaga bisa kemana2 dech. Naek motor agak males, motornya lagi rewel…
m152

Waktu hari Rabu 11 February 2009, jam 08.45 pagi, saya harus ke kantor polisi dekat rumah, memperpanjang SIM A yg udah habis masa berlakunya. Niatnya sih cuma pengen memperpanjang saja, tapi bokap nyuruh naik tingkat golongan menjadi SIM B-1 P, akhirnya saya pun berangkat sendiri ke kantor polisi untuk bikin sim.

Ketika gua nyampe depan pos polisi, seperti kebiasaan di situ, tamu harus lapor:

Pak Polisi : “Selamat pagi mas.”
*Herman : “Pagi juga Pak.”

Pak Polisi : “Ada keperluan apa ya Mas?”
*Herman : “Begini Pak, saya mau memperpanjang SIM A saya”

Pak Polisi : “Kalau begitu, Mas dari sini jalan ke loket 1. Nanti disitu tinggal daftar.”

*Herman : m080

(Bengong + mikir)
“Tumben negh, biasanya kalau ada yang mau buat SIM pasti slalu aja ada petugas yg bilang “ya udah sini sama saya aja“, kok sekarang ngga ada ya…?”, trus iseng2 nanya aja:

“Persyaratannya apa aja pak?”

Pak Polisi : “Fotokopi KTP 2 lembar, fotokopi SIM yg lama 2 lembar.”
*Herman : “Baik Pak kalau begitu. Terima kasih.” (Kebetulan saya udah nyiapin).

m043

Trus saya jalan aja ke ruang pendaftaran dan mencari loket 1.
“Lho kok tutup? padahal udah jam 9. Seharusnya kan buka jam 08.30? yah gau mau pusing, nunggu aja deh.”

Akhirnya buka juga tuh loket. Sebelum nyerahin berkas persyaratannya saya nanya dulu ke Ibu Polisi.

*Herman : “Selamat pagi Bu.”
Bu Polisi : “Selamat pagi, ada yg bisa saya bantu?”

*Herman : “Begini Bu, saya ingin memperpanjang SIM A saya, tapi sebelumnya saya ingin bertanya dulu, bisa tidak dari SIM A meningkat ke golongan SIM B-1 P?”
Bu Polisi : “Bisa Mas.

*Herman : “Prosedur tersebut sama halnya dengan memperpanjang atau buat baru?”
Bu Polisi : “Buat baru Mas, persyaratannya sudah dilengkapi?”

*Herman : “Ooo gitu, sudah Bu”. Kemudian saya serahin berkas2 persyaratannya.
Bu Polisi : “Ok Mas, Mas tunggu aja di depan ruang 33, tar dipangggil untuk test”.

*Herman : m083

(Bengong lagi sih.. . Dalam hati berfikir “Yah test lagi.. “).
“Ok Bu, terima kasih”. Trus nunggu deh di depan ruang 33.

m086

Sembari nunggu saya ngeliat sekeliling, “tumben negh sepi, biasanya pagi gini udah pada rame, dan pada kemana juga negh petugas2 berbaju biru (calo)?”.
Ehm ga taunya di dinding2 dan di sudut dinding ada papan pengumuman yang isinya kurang lebih:

m141

Dilarang menggunakan calo dalam proses pembuatan SIM. Silahkan laporkan jika ada oknum petugas atau calo yang melakukan tindak pencaloan. Jangan dintervensi

“Wah jadi tegas negh.”… “Ehm tapi apa bener negh ga ada proses terselubung dalam hal pembuatan SIM?”

Oiya, di kantor polisi di dekat rumah saya kalau mau buat SIM menggunakan calo, harus mengeluarkan biaya kurang lebih Rp. 250.000,- s/p Rp. 400.000,-. Kalau sesuai prosedur sih cuma Rp. 75.000,-.😉

Sempat curiga dikit sih, “Jangan2 dipersulit negh”, well who knows, let see…

Akhirnya saya dipanggil test, trus ngisi buku tamu gitu dech, terus test. Sempat bingung, yang ngerjain soal SIM B-1 P saya sendiri, yang lain rata2 pada ngerjain  soal SIM C (motor). Pas lihat soalnya, “gila banyak yg kaga tau euy… “

m108

Tapi saya tetap tenang, coz saya perhatiin tuh soalnya ternyata udah ada bekas jawabannya gitu dech… Diteliti sih nyambung jawabannya.. .

Selesai ujian, nunggu hasil test, ga lama sih, trus dipanggil dan Alhamdulillah lulus. Trus kata Pak Polisi:

Pak Polisi : “Anda lulus test, sekarang ke test selanjutnya yaitu test praktek.”

*Herman : m075

“Praktek???” (pura2 bingung gitu.. :-P)

Pak Polisi : “Iya praktek, cuma mobilnya ga ada, jadi anda minjem aja ke temen mobil kijang atau yg lain atau bisa nyewa angkot.”

*Herman : m200

(GUBRAK… kaget gitu) “Minjem? Nyewa angkot? ga salah tuh Pak? Masa kantor polisi gede gini ga ada mobil buat test praktek?”

Pak Polisi : “Yach memang kondisinya seperti itu Mas”.
*Herman : m122

(Sempat curiga gitu dech, namanya saya ga mau pusing),
“Kalau gitu saya pulang dulu Pak, ngambil mobil dulu”.

Gila saya udah bawa mobil 5 tahun masa harus di test praktek lagi, kayak yg baru belajar mobil aja… (ngeluh gitu)…😦

Akhirnya saya balik ngambil mobil. Trus dateng lagi ke kantor polisi dan di test.

Pertama test tanjakan (maju memakai rem tangan), “ok bisa”. Trus tanjakan (mundur memakai rem tangan), “ok bisa juga”. Udah gitu disuruh mundur dengan melepaskan kopling dan di gas dengan kecepatan lumayan tinggi. “Wah bisa mentok ni mobil saya“… “ok bisa juga, meskipun mentok kerucut pembatas :-P”.
Nah test terakhir, ‘Parkir paralel mundur ke kiri langsung jadi’. (Dalam hati saya “waduh jarang negh parkir begini,  biasanya saya kalau parkir begini ga pernah langsung sekali jadi (suka mundur-maju gitu dech, heheheh sesuai fakta, orang lain juga begitu :-P).

Test parkir paralel pertama feeling saya berhasil, eh ga taunya tuh Polisi ke belakang mobil gua, dia ngeliat pembatasnya jatuh. “Yang saya sesalkan, kenapa saya ga turun ngeliat beneran jatuh apa ga”. Trus yg kedua kali, saking gerogi kali ya malah gagal, ban mobil malah mentok pembatas. Yah test parkir gagal dech, sekali jadi sih. Padahal faktanya ga semua orang bisa parkir paralel langsung sekali jadi.

Trus kata Pak Polisinya:

Saya kasih kebijaksanaan, minggu depan test lagi ya.

m119

“saya langsung mikir, lho kok gitu, diitung2 ada 4 test:

  1. Test tanjakan (maju). 2 kali, sukses.
  2. Test tanjakan (mundur), 2 kali, sukses.
  3. Test mundur dengan melepaskan kopling. 2 kali, hanya 1 sukses.
  4. Test Parkir paralel sekali jadi. 2 kali, gagal keduanya.

Jadi kalau di-itung2, point saya:
Point sukses = 2+2+1 = 5
Point gagal = 1+2 = 3

m119

Seharusnya lulus, kenapa bisa gagal?”
Wah ga jelas nih Polisi.

(Akhirnya dengan sedikit kecewa saya balik aja. Ngetes lagi parkir paralel dirumah….:-D)

Malemnya, saya ngobrol aja sama bokap tentang masalah itu, trus kata bokap saya:

Kalau polisinya jujur, dia pasti akan bertindak mengikuti peraturan yang berlaku, tetapi kalau  ngga, sebenarnya sih itu cuma permainan polisinya aja (bukan berfikir negatif) karena kenyataannya meskipun udah ada peraturan tetapi tetap saja masih banyak yg menggunakan jasa calo atau ngeluarin duit lebih. Karena masyarakat ga mau pusing, dikarenakan sibuk dengan urusan kantor atau semacamnya.”

Jadi berfikir juga negh, “Tar senen saya ke kantor polisi lagi dech, saya coba make cara cepat, mau apa ngga ya…???”😛
Kalau mau ya syukur, kalau ga mau, berarti polisinya benar2 tegas dalam mengikuti peraturan, ya berarti saya siap di test lagi…😀

Ehm…Berarti malam minggu ini saya ngapel naek m084aja dech…



» Kembali Ke Halaman Depan

Bookmark and Share

Entry filed under: Untaian Hati. Tags: , , .

Permasalahan YM Status Image Di WordPress Tutorial Menyetir Mobil

13 Comments Add your own

  • 1. M Shodiq Mustika  |  February 14, 2009 at 5:29 am

    hahahahahha…….cerita yang lucu
    saya sampai ketawa terbahak2………emoticon+ceritanya yang membuat saya tertawa :)):)):))
    ” Sekarang Bikin SIM Ga Bisa Pake Calo Lagi ”
    itu agar kita (masyarakat) belajar tertib aja kok
    biar tau rasanya ngantri dan test gitu tuh gimana??
    yang ada pasti kebanyakan sebelnya deh…bener kan??
    terus gimana nih udah ke kantor polisi lagi belum, gimana hasilnya? :)) :)) :))

    Reply
    • 2. Herman S.Y  |  February 14, 2009 at 8:43 am

      @Mas M Shodiq Mustika
      Hehehehe maklum mas curhat colongan, waktu itu dibilang kesel iya, sebel iya, lucu iya, sampe sekarang aja saya masih pengen ketawa, di test prakteknya itu loh, make mobil sendiri…😀 Maklum juga sih, kali pertama ikutan test bikin SIM sesuai prosedur…😛
      Bener juga sih supaya tertib, tapi biasalah Mas, namanya masyarakat ga mau ribet.
      Kalau saya pribadi sih bukannya suudzon ke polisi tersebut, cuma penasaran aja…😛 Jadi seharusnya sih rabu nanti tgl 18-02-09 saya ke kantor polisi lagi, berhubung masih penasaran tar senin saya mau ke kantor polisi-nya, nyoba bikin SIM-nya make jalur cepat…😛 , kalau bisa syukur kalau ga bisa ya test lagi…😀

      Reply
  • 3. putrinegriangan  |  February 15, 2009 at 6:42 am

    waduh..
    padahal belum sempat buat SIM.. apa ya jadinya kalau saya tes? ‘maenin kopling’ aja masih gagap..😀
    harus bener2 cari TUTORIAL MENYETIR MOBIL nih.. hehehehee…

    Reply
    • 4. Herman S.Y  |  February 15, 2009 at 9:26 am

      @Putri
      maenin kopling aja masih gagap, trus harus bener2 cari tutorial menyetir mobil?

      Hehehehe saran saya sih putri, lebih baik kalau mau bener2 bisa & lancar menyetir mobil jangan baca buku😛 , tetapi nanya ke yang udah bisa (minta diajarin) trus sering2 latihan. Kalau cuma 1 kali dalam seminggu latihannya sih wah kapan lancarnya…😛

      Reply
  • 5. M Shodiq Mustika  |  February 18, 2009 at 12:21 pm

    hari ini donk yah tanggal 18, gimana udah ke kantor polisi nya belum??
    ikut test lagi apa pakai jalur cepet??
    aku sendiri sih sebenernya pilih sesuai prosedur, biar masyarakat itu ngerti cara2ny, jangan asal bukin SIM aja pakai calo
    tapi iya itu, kadang emang nggak mau ribet yah…:P
    kasih kabarnya lagi yah…
    test pakai mobil sendiri….aneh banget…

    Reply
    • 6. Herman S.Y  |  February 18, 2009 at 10:40 pm

      @Mas M Shodiq Mustika
      Blum euy, akhir2 ini agak sibuk dikit jadi ngga sempet ke kantor polisi lagi. Insya Allah jum’at kali ya…😀

      Hehehehe cara cepat or prosedur, liat tar aja…;-)

      Reply
  • 7. M Shodiq Mustika  |  February 20, 2009 at 5:41 am

    waahhh…kenapoa selalu pas banget sih
    kemarin nggak sengaja buka blog mu, pas tanggal 18, sekarang buka lagi pas hari jumat, padahal nggak sengaja loh…ckckck…

    Reply
  • 8. kurt kutil  |  February 21, 2009 at 11:05 pm

    mas herman kalo bisa lewat jalur cepat tolong di informasikan yach ke saya

    Reply
    • 9. Herman S.Y  |  February 22, 2009 at 4:37 pm

      @Kurt
      Sebenarnya sih, meskipun udah ada aturan jangan bikin SIM make calo or sebagainya, tetap saja masih banyak yg menggunakan jalur cepat, coz ngga mau repot. Lagipula kalau menggunakan jalur lambat (sesuai prosedur) tetap saja akan dipersulit, contohnya ya saya sendiri sudah ngalamin… (Dipersulit disini tergantung dari polisinya ya… ;-))

      Reply
  • 10. Tutorial Menyetir Mobil « Herman’s WebLogz  |  March 4, 2009 at 12:38 pm

    […] anda baca curhat saya yg sebelumnya yaitu “Sekarang Bikin SIM Ga Bisa Pake Calo Lagi“, mungkin anda akan nyadar, kok gitu? ya iya lah, saya aja yg udah 5 tahun bisa nyetir mobil, […]

    Reply
  • 11. Sandra  |  March 4, 2009 at 5:28 pm

    hehehe lutu curhatnya… monkeyna itu loh.. Lutu…😛

    Reply
  • 12. lina  |  March 15, 2009 at 9:38 pm

    jujur yg bikin gw betah baca tulisan loh, ya….si monkey itu, kok y bisa dapat n kepikiran pake monkey

    tapi lo termasuk orang beruntung lho, soalnya bisa dapat melewati prosedur pengajuan SIM yang sesuai aturan, ditengah-tengah budaya percaloan dalam pengajuan SIM di negeri ini. hehehehehehe, jarang banget pemegang sim mendapatkan sim karena memang dia lulus ujian n pantas mendapatkannya.

    so,…skg lo sudah lulus kah?gw jumat depan mo ngurus SIM A, not patient to know what i will fate, nice cop or “calo”.hahahahaha

    Reply
    • 13. Herman S.Y  |  March 16, 2009 at 7:09 am

      @lina
      Wah. thanx ya, mudah2an juga betah dengan tulisan2 yg lain di blog gua…😀
      Hehe ide monkey-nya? sbnrny sih saya terinspirasi dengan blog dari kawan saya, trs search di google situs monkey-emoticons-nya berasal dan ngeliat semua monkey-emoticons-nya, baru dech mulai muncul ide2 dari tulisan ini…😀

      yup, gua udah buat SIM-nya, yach ternyata masih ada polisi yg butuh duit sampingan gitu, gua udah nulis kok curhatan-nya di postingan yg berjudul “Pilih Mana, Bikin Sim Pake Calo atau Bikin SIM Ngga Pake Calo?

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Assalammu’alaikum…

"Raihlah ilmu yg bermanfaat walaupun hanya 1 kalimat..."

benderaindonesia

Sponsor

Toko Spare Part Mercedes Benz (Mercy) Murah

Toko Spare Part Mercy Murah (Bus & Truk) - Bogor - UD. Utari Jaya
 

Tukang Taman Murah & Profesional

tukang taman murah-jasa tukang taman-kolam-gazebo jakarta,bogor,depok,tangerang,bekasi Tukang Taman Bogor - Twitter
Peta

chat me on Y!M

WebLogz Stats

  • 181,652 visitors

Jejak Pengunjung

IP

WebLogz Traffic

free counters

Teng-Qyu

Makasih banyak ya dah mampir ke blog-ku, Mudah-mudahan ga bosen ya... (^o^) ...

friendly-blogger-award-2009
Thanx to Mas Won Bin
["Wong Bingungan"]



© Dec 2008-2016
Herman S.Y Indonesia

Jng Lupa Commentnya ya... biggreen

