Jaga Keamanan Kendaraan

December 17, 2008 at 6:28 pm 1 comment


Orang sering menganggap parkir sebagai tempat menitipkan kendaraan agar tidak rusak atau hilang dicuri orang. Karena itu, biasanya orang memilih areal khusus, seperti gedung parkir, ketika hendak meninggalkan kendaraannya agar lebih aman.

Kenyataannya, pengelola parkir menganggap parkir bukanlah penitipan kendaraan, melainkan sewa lahan. Jadi orang yang hendak beraktivitas di sekitar areal parkir harus menyewa lahan untuk menaruh kendaraannya.

Karena sampai sekarang pengelola parkir belum sepenuhnya mau bertanggung jawab bila ada kerugian yang di derita pemilik kendaraan, maka sebaiknya pemilik kendaraan melindungi kendaraan dengan asuransi.

Menurut Tulus Abadi dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), di Indonesia kesadaran untuk mengasuransikan kendaraan belum tinggi, padahal asuransi itu penting agar kita tidak terlalu terbebani jika ada kerusakan atau kehilangan kendaraan.

Untuk kendaraan yang dibeli secara kredit memang sudah ada asuransi dan biasanya asuransi tersebut selesai ketika kredit sudah dilunasi. Asuransi yang sekarang ini coba diterapkan untuk lahan parkir swasta, menurut Tulus, preminya juga akan dibebankan kepada pemilik kendaraan.

Coorporate Communication Executive Secure Parking Fitri Damayanti mengatakan, pengguna jasa parkir sebaiknya juga ikut menjaga keamanan kendaraan dengan benar dan kalau perlu ditambah dengan kunci ganda. Pengemudi kendaraan, baik mobil maupun motor sebaiknya tidak meninggalkan tiket parkir, surat tanda nomor kendaraan (STNK), kunci dan barang-barang berharga di kendaraan.

Pengendalian Parkir

Di Jakarta sudah ada enam areal parkir yang memberlakukan sistem asuransi, yaitu kawasan parkir Blok M, Parkir Boulevard Kelapa Gading, Gedung Parkir Pasar Baru, Parkir di Inter Rekreasi dan Turisme Indonesia (IRTI) Monas, Gedung Parkir Glodok dan Kawasan Mayestik. Keenam kawasan parkir berasuransi ini diberi nama Kawasan Pengendalian Parkir DKI Jakarta.

Seorang petugas mengecek kendaraan di Parkir IRTI, Monas, Jakarta, Kamis (311). Sistem parkir berasuransi sudah diterapkan di lokasi parkir IRTI sejak tahun 2006 oleh Dinas Perhubungan, dimana pihak pengelola akan bertanggung jawab atas kerugian atau kehilangan kendaraan.

Di kawasan tersebut, tarif parkirnya lebih mahal. Kalau tarif parkir biasa dikenai Rp. 2.000 pada jam pertama, di kawasan pengendalian parkir itu dikenakan tarif Rp. 3.000 pada jam pertama. Selanjutnya, pengguna parkir dikenai Rp. 1.000 per jam.

Sementara itu sebagai kontrol terhadap keamanan kendaraan para pengguna jasa parkir di areal parkir, Fitri mengungkapkan, Secure Parking memasang palang otomatis, sensor di masing-masing pos keluar dan penempatan kamera.

—o0o—

Tambahan:

Mengenai asuransi terkait isi artikel ini, saya pribadi tidak mendukung anda untuk mengikuti asuransi (kecuali terpaksa, semisal: program pemerintah), karena saya memilih bahwa asuransi itu haram. Tetapi, terkait asuransi itu sendiri, semuanya saya kembalikan kepada pilihan anda, jika anda beranggapan bahwa asuransi itu tidak haram, maka itu adalah pilihan anda, dan maupun sebaliknya.🙂

Jadi, isi artikel ini hanya sebagai informasi bahwa “Orang sering menganggap parkir sebagai tempat menitipkan kendaraan agar tidak rusak atau hilang dicuri orang”, pada kenyataannya, banyak kejadian kendaraan hilang ataupun rusak di areal parkir.🙂


Pintas:


Entry filed under: Info, Kendaraan. Tags: .

Parkir Mahal Belum Tentu Aman Al Quran Digital

1 Comment Add your own

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Assalammu’alaikum…

"Raihlah ilmu yg bermanfaat walaupun hanya 1 kalimat..."

benderaindonesia

Sponsor

Toko Spare Part Mercedes Benz (Mercy) Murah

Toko Spare Part Mercy Murah (Bus & Truk) - Bogor - UD. Utari Jaya
 

Tukang Taman Murah & Profesional

tukang taman murah-jasa tukang taman-kolam-gazebo jakarta,bogor,depok,tangerang,bekasi Tukang Taman Bogor - Twitter
Peta

chat me on Y!M

WebLogz Stats

  • 181,652 visitors

Jejak Pengunjung

IP

WebLogz Traffic

free counters

Teng-Qyu

Makasih banyak ya dah mampir ke blog-ku, Mudah-mudahan ga bosen ya... (^o^) ...

friendly-blogger-award-2009
Thanx to Mas Won Bin
["Wong Bingungan"]



© Dec 2008-2016
Herman S.Y Indonesia

Jng Lupa Commentnya ya... biggreen

%d bloggers like this: